Lihat Lebih Dekat

Saya menemukan rute baru. View-nya bagus, jalannya mulus. Tidak berat tapi juga tak bisa dibilang ringan. Sekitar daerah Parongpong, Lembang. Masih sepi, jarang sekali dijamah biker”. Itu kata kawan saya, seorang pegowes yang juga dosen di sebuah perguruan tinggi besar di Bandung.

Saya selalu iri kalau mendengar cerita kawan-kawan pegowes tentang hal-hal semacam itu. Menjamah dan menemukan rute baru, atau melibas tanjakan ini dan itu.

Terus-terang saya belum kemana-mana, kecuali dari dan ke kantor setiap hari, menempuh jarak sekitar 28 kilometer dengan rute yang itu-itu juga. Hari Sabtu dan Minggu, nyaris dari pagi sampai sore saya habiskan buat mengantar anak kursus renang, sepakbola, dan taekwondo.

Tapi saya sendiri, setidaknya sampai saat ini memang tidak terlalu ingin seharian di waktu libur menghabiskan waktu dengan menggowes ke sana ke mari. Itu juga alasan mengapa saya memilih sepeda hybrid yang lebih enak digowes di jalan raya untuk pulang pergi ke tempat bekerja ketimbang menyusuri rute-rute ekstrim.

Tapi rute yang itu-itu saja ternyata juga menawarkan panorama tak kalah menarik. Sepeda membuat saya bisa melihat lebih dekat obyek-obyek yang selama ini hanya dilirik sekelebat. Jika tidak bersepeda, saya tidak mungkin sempat melewati gang kumuh di pinggiran anakan Sungai Cikapundung dan ngobrol dengan beberapa penghuninya. Tanpa sepeda saya tidak akan punya waktu menghitung pertumbuhan jumlah minimarket yang menggila dan tidak sebanding dengan daya beli warga seputar Ciwastra yang terus melorot. Jika tak bersepeda, tak mungkin saya tergerak untuk mengamati lahan-lahan produktif yang secara serampangan dikonversi menjadi pemukiman di Margacinta.

Jadi, selamat jalan ke tempat-tempat eksotis, kawan. Saya tidak ikut. Biarlah saya di jalan ini saja. Jalan yang itu-itu juga.

Tinggalkan Balasan

